Bahasa Prancis yang Putih

Tenggelam di antara buku-buku teori dan sejarah, saya tiba-tiba terpikir, mungkin semua konsep ideal masa kini memang terbentuk dari sejarah:

Kulit Putih nan Menggiurkan

Mungkin konsep ideal ini lahir dari pembagian ‘kasta’ pada zaman kolonial. Dulu, masyarakat terbagi menjadi tiga kelas: Eropa, Bangsa Campuran (Indo-Eropa, Cina, dkk), dan Pribumi.

Nah, mungkin (dari) dulu (sampai sekarang) kulit putih jadi idaman karena semakin cerah kulit seseorang pada masa kolonial, semakin tinggi status sosialnya di masyarakat.

Pada masa itu, kulit putih merepresentasikan kenyamanan dan keamanan sosial. Konsep inilah yang — sekali lagi, mungkin — diwariskan turun temurun sampai sekarang.

Lalu….

Frenchmen yang never talk in English. Ohh, nooo! *ChinchaLawrah-mode: on*

Hahaha.. orang Prancis memang kadang nyebelin kalo udah nyangkut yang satu ini. Mereka lebih memilih menggelengkan kepala masa bodo dan membiarkan Anda nyasar di keramaian Paris ketimbang ngeluarin sepatah kata dalam bahasa Inggris yang artinya: BELOK KANAN, BUKAN KIRI. *curcol abis*

Mungkin juga mereka ogah pake bahasa Inggris, karena duluuu… dari abad pertengahan (kalo nggak salah, kalau salah, berarti sejak menjelang Renaissance, awal abad 16-an) sampai awal abad 19, bahasa Prancis adalah bahasa yang paling berjaya di seantero Eropa selain bahasa Latin. Bahasa mereka dipakai di kalangan pemerintahan dan di kancah pergaulan ‘menengah ke atas’.

Kayaknya, kebanggaan ini yang masih melekat dalam diri orang-orang Prancis. Mungkin dalam hati, mereka bilang: “Bo, sori aja ya sini disuruh ngomong Englis. Cuih. Sini kan keturunan bangsawan. En yu now, para bangsawan tajir nenek moyang ikke pakenya bahasa Prancis..ciss..ciss. Ih, Englis? Nggak lepel. Itu kan bahasa kaum jelata!”

Nah, setelah membagi pemikiran (tidak bertanggung jawab dan hampir tanpa dasar) ini, izinkan sayaa.. *pakai suara bass, Rhoma Irama-mode: on* melanjutkan membenamkan diri dan terlelap di antara tumpukan buku sialan itu.

Doakan saya!

Setubuuhhh???

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>