Being Single

Tak sengaja, saya mendapati seorang teman ngomel-ngomel di Facebook. Ia stress menghadapi kekurangajaran orang-orang yang mempermasalahkan status lajangnya.

Saya mengerti sekali perasaannya.

Makin jauh menginjak paruh kedua usia duapuluhan, tentu saya sudah kenyang diteror pertanyaan tidak sopan: kapan menikah?

Untungnya, saya tinggal jauh dari manusia-manusia menyebalkan itu. Sungguh, kalau saya jadi teman saya itu, mungkin sudah lama saya bunuh diri karena harus terus-terusan menghadapi kenyinyiran sekitar.

Padahal, kalau dipikir-pikir, melajang di usia duapuluhan (atau tigapuluhan, empatpuluhan, dan seterusnya) bukan aib, bukan akhir dunia.

 

Si lajang bebas ke sana-ke mari pulang pagi dan tidak gosok gigi tanpa harus lapor diri atau memikirkan tangisan bayi tiap jam dua dini hari. Si lajang bebas lirik kanan-kiri tanpa harus ribet urusan cemburu atau rasa memiliki. Atau si lajang bisa punya pacar. Berbagi cinta tanpa harus berbagi dompet. Nggak ada urusan patungan bayar rekening listrik, telepon atau TV kabel. Si lajang bisa menikmati rasanya disayang dan dimanja tanpa harus pusing urusan kolor kotor atau kaus kaki bolong si pacar.

Melajang berarti hidup untuk diri sendiri.
Merdeka.
Sayang, kemerdekaan itu kadang justru terasa bagai penjara. Kurungan. Beban. Atau malah kutukan.

Sayang. Sayang sekali.

Bookmark the permalink.

3 Comments

  1. sama kak, di jaman semodern ini masih banyak loh orang yg pikirannya kolot. padahal jadi lajang alias jomblo itu enak, bebas, gak harus pamit atau pusing masalah mau atau pergi kemana, enjoy dan merdeka :D *angkat tangan dan bilang* MERDEKA !! (_elokfa)

  2. Pingin nikah dan punya anak. Ingin berbagi cerita dan terutama kalau sdh nikah bisa melakukan hubungan suami istri dgn halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>