Soal Microwave

Hubungan saya sama microwave bisa dibilang semacam love-and-hate relationship yang penuh ketidakmengertian. Tunggu, sebelum Anda ikut-ikutan nggak ngerti, saya ceritain dari awal pertemuan kami deh, ya.

Pertama kali saya berurusan sama microwave, ya, di Belanda ini. Sebelumnya, saya belon pernah nyentuh benda ajaib ini. Di rumah orangtua saya, kami nggak punya microwave. Kalo mau manasin makanan ya, pake panci di atas kompor. Pokoknya, waktu saya meninggalkan kampung Setu taon 2007, belon ada satu pun penduduknya yang punya microwave. *suudzon*

Eniwei, sampe di Belanda, saya kenalan ama microwave ini. Saya lupa, tapi kayaknya yang nerangin soal cara pakai microwave ini BFF saya si Mima deh. Soalnya pas nyampe Belanda, saya belon dapet kamar kosan dan nebeng di kosannya dia. Kedengerannya sih gampang, tinggal masukkin makanan yang mau dipanasin, atur temperaturnya mau sepanas apa, atur waktunya, pencet tombol start, kelar deh. Tinggal tungguin makanannya dipanasin. Semenit dua menit udah cukup banget buat manasin hati yang membeku makanan dingin.

Tapi, sodara-sodara… ternyata bagi saya, microwave tak sesederhana bahagia. *korban jargon kekinian* Kerjaan saya ribut mulu sama microwave, adaaaa aja yang salah.

Pernah nih ya, saya liat Mima manasin lasagna yang loyangnya dibungkus aluminium foil di OVEN. Semua berjalan baik. Okesip. Terus suatu hari (pas saya udah punya kosan sendiri, jadi kagak nebeng lagi di Mima), saya mau manasin lasagna juga (kayaknya lasagna dikasih Mima — iya, saya emang parasit bener di idupnya si Mima. Ampe sekarang. *bangga lagi*). Saya pikir, lama ah, manasin di oven, di microwave aja, lima menit kelar. Nah, lasagna-nya si Mima kan loyangnya dibungkus aluminium foil gitu yah, dengan penuh kepedean, saya masukkin lasagna seloyang kecil lengkap sama aluminium foil yang menyelimutinya. Pencet lima menit, pencet start, lalu bengong di depan microwave.

Tapi.. loh, loh, loh… KOK LASAGNA GUE KEBAKARAN? Aluminium foil-nya kebakar, sodara-sodara. Dan beneran ada api di dalem microwave! Rada panik saya langsung matiin microwave, cabut kabelnya, terus heboh matiin api di loyang lasagna. Untung nggak ada korban jiwa dan benda, baik moril maupun materiil. Microwave punya orang pulak. Dan untung juga lasagna-nya masih bisa dimakan walo pait-pait dikit bekas abu aluminium foil. *anak kos*

Jadi pelajaran pertama: jangan masukkin aluminium foil ke microwave. Aslik, akik mana tau kan yes, dikata juga dari awal kagak ada warga kampung Setu yang punya microwave.

Sip. itu satu.

Abis itu, insiden-insiden kecil yang melibatkan microwave sih selalu adaaa ajaa, minimal makanan nyiprat ke mana-mana tiap saya panasin. Tapi salah satu insiden paling jegeerr kembali terjadi ketika saya sudah menikah dan tinggal bersama lelaki paling tampan sejagat raya R, suami saya.

Waktu itu saya mau manasin soto ayam pake telur rebus. Sok ajah mangkuk soto ayam ama telor rebus bulat cantik saya masukkin microwave. Tiba-tiba… DHUAAARRRRR. Eh, buset, apaan itu!? Saya langsung ngelus-ngelus dada, kaget. Mamah Dedeh, curhat dong, Mah: ternyata telornya meledak, Mah. *nunduk lesu*

Jadi pelajaran kedua: jangan masukkin telor rebus bulet-bulet ke microwave, potong-potong aja dulu biar aman daripada disangka teroris lagi ngetes bom molotov.

Pas kejadian telor meledak itu, R masih bisa ketawa-ketawa sambil akhirnya dia yang bersihin microwave yang lengket-lengket kena ledakan telor dan kuah soto ayam. Lama-lama dia bete kalo liat saya bikin ulah, karena hampir bisa dipastikan, dia yang bersihin microwave. (Saya seringnya malas, maaf.)

Pada salah satu sesi bersihin microwave, R Рyang udah KZL en ZBL Рmemperingatkan, kalo manasin makanan jangan pake temperatur paling tinggi, pake yang sedang-sedang sajaaa, *yang baca bagian terakhir sambil nyanyi dangdut ketauan  angkatan berapa* biar makanan nggak muncrat ke mana-mana en bikin microwave lengket & kotor.

Tapi sumpah deh, udah dicoba tapi tetep aja kacau. Pernah yah, saya sama R mau makan pake rendang terus sama-sama manasin nasi pake rendang dll di piring. R manasin duluan, saya mengintai. Oke, dia pencet 640 (level panas), 2 menit, start, beres. Aman. Terus saya contek dong, 640, 2 menit, start, bere…… DHUAARR. Rendang saya meledak-ledak di dalem. Nyiprat-nyiprat ke mana-mana. AARGGH… KENAPA SIH INII!? Ngeliat gitu, R bilang, “Beb, jangan panas-panas, 640 juga cukup.”

YA INI JUGA 640 KELEEUUUSS. *jedot-jedotin pala*

Kemarin, K adek anak saya,  minta bikin cookies. Karena menteganya beku, saya panasin di microwave lah. Ati-ati banget. Pilih yang level panasnya agak rendah. 380 deh. 1 menit. Start.

DHUAARRR.

K: Apa itu, Ibu?
Saya: *buka microwave* Yaahhh… menteganya meledak nyiprat-nyiprat ke mana-mana, K.
K: kotor, Ibu? Papa bilang, kalo kotor, bersihin.

*&$@$#^&*(%$@!)^#!^*^$*!!!

 

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>